Cyber-TechDroid

Kami membagikan Informasi, Guide, Tutorial, Android, Download, Tips And Trick.

Cara mudah Mengkompress File di Android

Tidak bisa dipungkiri bahwa file akan memenuhi kapasitas ruang hardisk di gadget kita, entah itu file berupa dokumen, video, lagu ataupun gambar.Salah satu cara untuk menghemat kapasitas ruang penyimpanan di Android baik itu internal disk ataupun sdcard adalah dengan mengkompress file agar ukurannya lebih kecil. 

Baik kali ini Ane mau ksih cara Mudah kompress file di android, agar tidak memenuhi kapasitas di hardisk gadget kalian atau agar membuat sebuah file berukuran lebih kecil.


Seperti yang kita ketahui ada banyak jenis extensi file yang bisa digunakan untuk mengkompress file seperti Rar, Zip, 7z, TAR dan lainnya. Yang jelas apapun ektensi file kompresan yang kita pilih nantinya file yang berhasil di kompress ukurannya akan menjadi lebih kecil dari ukuran aslinya. Oleh karena itu pengkompresan file ini akan dapat menghemat penggunaan kapasitas ruang di ponsel Androidmu.

Kali ini menggunakan ZArchiver.

Untuk melakukan kompress file di Android kita tidak bisa langsung melakukannya, kita memerlukan bantuan aplikasi pihak ketiga untuk mengkompress file. Ada banyak aplikasi yang tersedia di Play Store untuk mengkompress file, namun pada tutorial kali ini kami akan menggunakan aplikasi ZArchiver. Baiklah sekarang kita lanjut ke tutorial tentang cara mengkompress file di Android dengan ZArchiver, simaklah langkah-langkah berikut ini :

Langkah 1 : Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mendownload aplikasi ZArchiver terlebih dahulu di Play Store atau download file APK'a DI SINI Kemudian lakukan instalasi pada aplikasi tersebut dan setelah selesai bukalah aplikasi ZArchiver.

Langkah 2 : Setelah aplikasi ZArchiver terbuka, selanjutnya pergilah ke direktori file yang ingin kamu kompress entah itu dokumen, lagu, video , apk, folder ataupun gambar


Langkah 3 : selanjutnya tap menu ZArchiver lalu pilih dan tekan menuCompress...


Langkah 4: Setelah menekan menu compress maka akan muncul pop up menu yang berisi pengaturan file yang akan kita kompress, disini atur sesuai keinginan kamu. Misalkan seperti berikut ini archive format zip, compression level fast, isi password jika kamu ingin file hasil kompresan berpassword, split volume jika ingin membagi hasil kompresan menjadi beberapa bagian,cek list opsi delete files after compression untuk menghapus file asli setelah selesai di kompress. Setelah selesai mengatur semuanya sesuai keinginnan tekan tombol OK untuk melakukan pengkompressan.


Langkah 5 : Tunggu hingga aplikasi selesai mengkompress semua file yang kita pilih, setelah selesai maka file tadi akan berhasil di kompress dengan ukuan lebih kecil.



Begitulah tutorial cara mudah mengkompress file di android, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua.

Sering 2x maen ke sini Insyallah UPDATE selalu.
Previous
Next Post »